Test Footer 1

9 Warna Baju Yang Mempengaruhi Kualitas Tidur


Tidur dengan lelap sangat disukai oleh semua orang. Terutama saat malam hari, dimana semua orang berusaha mendapatkan tidur yang berkualitas tanpa ada gangguan sedikit pun. Tapi taukah sobat ada sebagian orang yang sulit tidur untuk mendapatkan kenyamanan tidurnya saat malam hari. Tentu saja itu terjadi pada mereka yang suka mengalami insomnia. Insomnia merupakan ganguan tidur yang ditandai sulit untuk tetap tertidur. Biasanya penderita insomnia suka terbangun di malam hari, sulit untuk tidur kembali. Insomnia bisa disebabkan stres, penderita sakit, serta faktor lingkungan seperti suara bising, perubahan cahaya, suhu saat malam hari dan lampu yang terlalu terang. Insomnia juga bisa dipicu oleh warna yang ada disekelilingnya. Sebuah peneletian pernah dilakukan bahwa warna dominan yang disekitar tempat tidur seperti warna cat kamar dan warna maju yang digunakan akan berhubungan langsung dengan siklus tidur seseorang. Warna yang berwarna gelap dapat membuat seseorang menjadi sulit tidur, karena warna gelap dapta menimbulkan ilusi optik yang dapat mengurangi hormon melatonin yang mengatur pola tidur manusia setiap hari. Berikut ini 9 Warna Baju Yang Mempengaruhi Kualitas Tidur sobat :
  
Warna Biru

Warna ini dapat membuat sesseorang bisa tidur lelap selama 7 jam 52 menit. Hal ini pernah dibuktikan dengan sebuah penelitian di inggris yakni pada 2000 orang penderita insomnia. Seorang pakar  mengatakan bahwa pada retina manusia terdapat sel ganglion yang sangat sensitif terhadap warna biru. Sel ini kemudia mengirimkan sinyal-sinyal positif kebagian otak yang memproduksi hormon melatonin. Bukan hanya itu, dengan mengecat warna kamar dengan warna biru bisa membuat perasaan lebih tenang, denyut jantung
 terjaga, tekanan darah terjaga hingga membuat tidur lebih nyaman.

Warna Kuning

Warna ini juga bisa membantu sobat agar bisa tidur lelap. Warna kuning bisa membuat sobat tidur lelap selama 7 jam 40 menit setiap hari. Menurut penelitian dari travelogi bahwa warna kuning mampu menciptakan suasana hangat dan nyaman serta bisa menstimulasi sisten syaraf dan membuat tubuh jadi lebih rileks. Warna kuning juga bisa dipakai pada kamar anak-anak agar bisa memberikan kesan yang hangat dan cerah.

Warna Hijau

Warna ini bisa membuat tidur sobat semakin berkualitas selama 7 jam 36 menit setiap hari. Menurut psikologi warna, wana hijau dapat memberikan efek ketenangan, keseimbangan, rileks dan kedamaian.

Warna Orange

Warna ini bisa membuat sobat tidur lelap. Dalam budaya kuno, pengaturan kamar dengan memakai warna ini dipercaya bisa menyembuhkan stres, paru-paru dan meningkatkan energi. Sayangannya penelitian dari travelogi yang pernah dilakukan terhadap warga inggris. Penggunaan baju orange ataupun  pengaturan kamar dengan warna tersebut hanya mampu membuat tidur sobat terlelap selama 7 jam  28 menit setiap harinya. Oleh karena itu, kurangi memakai baju berwarna orange pada saat tidur.

Warna Merah

Warna ini diyakini merupakan warna yang memiliki banyak energi, meningkatkan keyakinan diri bahkan mampu meningkatkan nafsu makan. Tidak sedikit orang menganggap bahwa pemakain warna pemarah diseluruh ruangan bisa menimbulkan kesan marah atau ambisius. Oleh karena itu, pemakaian warna merah dalam kamar tidur sebaiknya dihindari. warna merah hanya memberika kualitas tidur sobat selama 6 jam. Tentu saja itu merupakan tidur yang kurang nyenyak.

Warna Emas

Warna ini juga dapat mengurangi kualitas tidur sobat, rata-rata sekitar 6 juam setiap harinya dan tentu saja sama halnya dengan warna merah. 

Warna Abu-abu & Coklat

Warna-warna ini juga hanya mampu membuat kualitas tidur sobat selama 6 jam. Oleh karena itu, sebaiknya tidak dipakai saat tidur. Karena warna-warna tersebut memiliki efek suram dan bisa menimbulkan depresi.

Warna Ungu

Warna ini sebaiknya dihindari, karena berdasarkan penelitian yang dilakukan di inggris mengungkapkan bahwa orang yang tidur dengan nuwansa warna ungu, hanya bisa mendapatkan kualitas tidur selama 5 jam 56 menit setiap harinya. Hal ini dikarenakan warna ungu bisa merangsang otak tetap aktif saat tidur dimalam hari hingga membuat otak tidak dapat beristirahat. Orang yang menggunakan warna biru saat bangun dipagi hari akan merasa lelah bahkan saat tertidur bisa menyebabkan mimpi buruk.

Demikian beberapa ulasan tadi mengenai warna apa saja yang memperngaruhi kualitas tidur seseorang, untuk sobat yang ingin mendapatkan kualitas tidur yang lebih lelap, aturlah warna kamar dan baju tidur sobat agar bisa mendapatkan tidur yang berkualitas, tenang dan rileks. Semoga dengan ini bisa membantu menambah wawasan dan bermanfaat buat sobat sekalian. Silahkan di Share jika ini bisa bermanfaat buat orang banyak !!! "Berbagi Itu Indah" Terimakasih 

0 Response to "9 Warna Baju Yang Mempengaruhi Kualitas Tidur"

Post a Comment